Uraian Anekdot

Pengertian

Anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesakan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya ataupun cerita rekaan yang tidak harus didasarkan pada kenyataan yang terjadi di masyarakat.

Tujuan anekdot 
  1. membuat dan membangkitkan tawa
  2. membuat pendengar terhibur
  3. menggambarkan karakter-karakter dengan singkat
  4. mengandung makna akan cerita-cerita singkat seputar kenang-kenangannya
Struktur Anekdot :
  1. abstraksi : adalah bagian di awal paragraf yang berfungsi membari gambaran tentang isi teks. Biasanya bagian ini menunjukan hal unik yang akan ada di dalam teks.
  2. Orientasi : adalah bagian yang menunjukan awal kejadian cerita atau latar belakang bagaimana peristiwa terjadi. Biasanya penulis bercerita dengan detil di bagian ini.
  3. Krisis : adalah bagian dimana terjadi hal atau masalah yang unik atau tidak biasa yang terjadi pada si penulis atau orang yang diceritakan.
  4. Reaksi : adalah bagian bagaimana cara penulis atau orang yang ditulis menyelesaikan masalah yang timbul di bagian krisis tadi.
  5. Koda : merupakan bagian akhir dari cerita unik tersebut 
Ciri Kebahasaan :
  1. menggunakan kata konjungsi
  2. menggunakan majas
  3. memiliki pertanyaan retoris
  4. menggunakan kata seru
  5. menggunakan kalimat perintah
  6. ejaan yang dibenarkan (EYD)
Contoh Anekdot :

KUHP Hukum Peradilan 

Seorang dosen fakultas hukum suatu universitas sedang memberikan kuliah hukum pidana. Suasana kelas biasa-biasa saja. Saat sesi tanya jawab tiba Ali bertanya kepada pak dosen. "Apa kepanjangan dari KUHP, Pak?". Pak dosen tidak menjawab sendiri, melainkan melemparkan kepada Ahmad, "Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara Ali tadi". Pinta pak dosen. Dengan tegas Ahmad menjawab, "Kasih uang Habis Perkara,Pak...!" 

Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya menggeleng-gelengkan kepala seraya menambhakan pertanyaan kepada Ahmad, "Saudara Ahmad, darimana Saudara tahu jawaban ini?" Dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya dengan tegas, "Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik, Pak...!". Semua mahasiswa di kelas itu tercengang. Mereka berpandang-pandangan. Lalu, mereka tertawa berbahak-bahak.
Gelak tawa mereda. Kelas kembali berlangsung normal. 

Dari ontoh anekdot mereda. Strukturnya adalah :
  • Abstraksi : Ali bertanya apa kepanjangan KUHP. Lalu, Ahmad menjawab "Kasih Uang Habis Perkara". Dosen bertanya darimana ia mendapatkan jawaban itu. Ahmad berkata bahwa peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru terbaik.
  • Orientasi : Seorang dosen fakultas hukum suatu universitas sedang memberikan kuliah hukum pidana.
  • Krisis : "Apa kepanjangan KUHP, Pak?"
  • Koda : Kelas kembali berjalan normal

0 komentar:

Posting Komentar